Sukoriyanto Saputro Jadi Dirut Bank Mutiara

Sampai dengan April 2012 tercatat pembiayaan perbankan syariah secara nasional menggunakan akad bagi hasil kegiatan riil produktif mencapai Rp 30,7 triliun. Mansyuri, Chief Financial Officer Bank Mandiri, mengatakan, rencananya Bank Mandiri akan menambah modal Rp 200 miliar � Rp 300 miliar dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Sektor usahanya antara lain perdagangan seperti consumer goods, spareparts, dan manufaktur. Padahal mereka butuh modal kerja untuk proyek sepanjang tahun.

Menurut dia, tidak perlu ada yang dikhawatirkan jika bank-bank penyalur kredit UMKM mencetak NIM tinggi. Ini Alasan Perbankan Melirik Sektor Perikanan Tapi itu tergantung pada Bank Mandiri, (pemegang saham lama) itu mau dilepas atau ditahan, kata Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Mardjana kepada Kompas. Menurut Direktur Korporasi Bank Mandiri, Fransisca Nelwan Mok, bank pelat merah ini akan membiayai pembangunan jalan, pembangkit listrik, moda transportasi, jaringan telekomunikasi hingga migas. Bank Indonesia berupaya agar perbankan bisa sama-sama menggarap sistem pembayaran elektronik untuk fasilitas jalan tol atau e-Toll yang saat ini dipegang penuh oleh Bank Mandiri. Meski dari segi nilai mengalami peningkatan, namun persentase giro menurun dibandingkan periode serupa tahun lalu yang mencapai 23,16%.

Supriyusman Executive Vice President Corporate Banking II Group Bank Mandiri mengatakan, kenaikan kredit ini didorong pertumbuhan sektor telekomunikasi yang baik di Indonesia. BI Tak Akan Campuri Penentuan Bunga Perbankan 000 kios. PT Bank Mandiri Tbk (Mandiri) misalnya. Berbagai media Barat menyebut skandal Libor ini sebagai ulah para bankster. 787 hektar atau tumbuh 26% dari penyaluran tahun sebelumnya sebesar Rp 1,7 triliun.

Pada Juni 2012, Bank Mega Syariah membukukan pembiayaan talangan haji sekitar Rp 400 miliar atau melejit 157% (year on year/yoy). Deposito Masih Dominasi DPK Perbankan Infrastruktur jadi tujuan pengembangan bisnis kami di 2011, papar Fransisca. Wakil Direktur Utama Bank CIMB Niaga James Rompas mengatakan, tahun ini CIMB Niaga akan fokus mengejar DPK untuk menurunkan LDR yang per September 2012 sudah berada di level 94%. Salah satunya adalah memaksa bank yang memiliki rasio Beban Operasional berbanding Pendapatan Operasional (BOPO) di atas 90% untuk menurunkannya menjadi di kisaran 80%-an. Fasilitas kredit yang diberikan Bank Mandiri kepada Intraco Penta sebesar US$14,3 juta berupa cash loan.

Catatan saja, dari kredit BTN senilai Rp 90 triliun per Desember 2012, lebih dari 80% merupakan kredit perumahan. Perbankan Dan BI Siap Segel Ribuan Merchant KK Nakal Sejak akhir bulan lalu, nilai rupiah tertekan terus terhadap USD. Sedangkan jumlah bank yang membukukan CAR lebih kecil dari 12% sempat naik menjadi sebanyak 23 bank pada akhir September 2008 lalu. Di sini, Madrid harus menyetujui beberapa aturan seperti larangan memberikan gaji berlebih pada pejabat eksekutif bank termasuk tak boleh memberikan bonus. Ancaman datang dari kenaikan resiko kredit.

Sayang Roostian tak ingat penyaluran KPR rumah seken. Perbankan Optimistis Capai Target Pertumbuhan Kredit Friderica Widyasari Dewi, Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI), mengatakan dari volume transaksi di BEI Rp 5,1 triliun per hari, 70% merupakan saham syariah. Pak Gubernur (Joko Widodo) mengarahkan agar pembayaran itu via bank, ini sinergi yang bermanfaat bagi kami, kata Martono, Direktur Operasional Bank DKI. Reformasi keuangan ini sedikit kejam memang, tapi harus dilakukan, tambahnya. Kondisi tersebut juga bertolak belakang dengan rencana BI yang ingin mempersulit ekspansi bank yang keterlaluan mengambil untung.

Pungky belum bisa memastikan apakah ada revisi aturan jika bank-bank sudah banyak menggelontorkan kredit ke UMKM, tapi modal inti belum mencukupi. Sehingga nasabah kartu kredit dapat membayar tagihannya dengan cara mencicil. Asal tahu saja, per 15 November 2012, BSM mencatat pembiayaan beragun emas sekitar Rp 800 miliar, melorot 72% ketimbang akhir 2011 lalu. Bank Indonesia (BI) mengimbau perbankan syariah agar memanfaatkan dana umat sebagai sumber dana murah. Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis mengatakan, sejauh ini DPR belum bisa memastikan apakah akan mengurangi kepemilikan saham asing pada perbankan atau tidak.

Deputi Gubernur BI Muliaman D.