Menakertrans: pekerja di Indonesia didominasi lulusan SD

menteri tenaga kerja juga transmigrasi muhaimin iskandar menuturkan profil pekerja selama indonesia baru didominasi lulusan sekolah dasar (sd).

sedangkan lulusan sarjana cuma menyumbang 14 persen dalam dunia kerja. artinya, lulusan perguruan tinggi belum banyak dan menjadi pekerja, katanya, saat menghadiri wisuda ke-14 stain kudus, dalam kudus, kamis.

berdasarkan data yang banyak, katanya, angka penduduk dan berusaha selama indonesia tercatat sebanyak 47,5 persen dalam antaranya merupakan lulusan sd.

menurut dia, lulusan sarjana dan memiliki skill kognisi, afeksi juga psikomotorik, memiliki peluang dan besar agar berkembang juga dimungkinkan dapat mengisi berbagai usaha dunia kerja dan maju.

pendidikan, harus adalah Jalan keluar nilai sumber daya manusia (sdm) untuk mengisi setiap peluang kerja, ujarnya.

semestinya, papar dia, lulusan sarjana juga mempunyai kemampuan mewujudkan upaya-upaya sendiri, karena kasus pengusaha juga pelaku bisnis selama tanah air baru tergolong sempit sebab masih mencapai ratusan pihak.

sebagai suatu negara maju, ujarnya, paling tidak mempunyai pengusaha dan pelaku usaha kurang lebih 2,5 persen dari kasus penduduk yang mencapai 4,4 juta jiwa.

bahkan, lanjut dia, selama negara singapura angka pengusaha dan pelaku usahanya mencapai 7 persen dibandingkan persentasi penduduknya, sementara amerika mencapai 14 persen.

untuk tersebut, papar dia, mesti dikembangkan sdm berkualitas dan siap mandiri dan tangguh pada membangun upaya-upaya.

sebetulnya, keuntungan itu bisa direncanakan sejak awal dengan menyerahkan keterampilan tambahan terhadap setiap angkatan kerja, katanya.

setidaknya, tutur dia, pada setahun dapat melahirkan wiraswasta masih hingga 10.000-an pihak, mengingat pertumbuhan ekonomi dalam tanah air di 2014 diprediksi diantara 7--7,5 persen.

sementara pertumbuhan ekonomi ketika ini, papar dia, mencapai 6,3 persen.

Informasi Lainnya: