Bentrok di Pakistan, seorang tewas

sedikitnya seorang tewas dan 20 lain cedera dalam bentrokan diantara pasukan pakistan dan gerilyawan taliban di dekat perbatasan afghanistan, rabu.

bentrokan tersebut terjadi dalam miranshah, kota utama di wilayah suku waziristan utara di pakistan baratlaut dan berbatasan dengan afghanistan.

dua-puluh orang cedera dan Salah satu tewas dalam bentrokan diantara militer dan militan, kata dr niaz ahmed, daripada properti sakit utama miranshah, kepada afp.

kekerasan meletus menjelang matahari terbenam saat militan mulai menembaki pasukan yang menewaskan seorang pemilik toko bahan pangan setempat, kata betul wartawan afp yang tinggal di daerah tersebut.

ke-20 korban dan cedera sepenuhnya penduduk sipil, termasuk dua putri koresponden afp itu, dan terkena serpihan peluru setelah sebuah mortir mendarat dalam pada rumah mereka.

tembak-menembak itu berlangsung pada dua produk serta hanya berakhir setelah penduduk sipil mendesak gencatan senjata, melalui membeli alat pengeras suara daripada masjid-masjid berdekatan, serta mereka kemudian membawa korban-korban yang terluka ke properti sakit.

banyak properti dan bualan rusak karena penggunaan senjata berat dalam bentrokan itu, kata koresponden afp itu.

waziristan utara adalah salah Salah satu daripada tujuh daerah dalam kawasan suku semi-otonomi pakistan, dalam mana taliban juga militan terkait al qaida mempunyai pangkalan-pangkalan yang digunakan supaya merencanakan serangan dalam afghanistan.

pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan lebih daripada 5.200 orang dari pasukan pemerintah menyerbu suatu masjid dan merupakan website persembunyian militan di islamabad dalam juli 2007.

kekerasan sektarian meningkat sejak gerilyawan sunni memperdalam hubungan dengan militan al qaida serta taliban sesudah pakistan bergabung selama operasi pimpinan as agar menumpas militansi setelah serangan-serangan 11 september 2001 selama as.

pakistan dan mendapat tekanan internasional yang meningkat supaya menumpas kelompok militan pada wilayah baratlaut juga zona suku di tengah meningkatnya serangan-serangan lintas-batas gerilyawan terhadap pasukan internasional pada afghanistan.

para pejabat as mengobarkan perang melalui pesawat tak berawak kepada kaum komandan taliban serta al qaida dalam kawasan suku baratlaut, dimana militan bersembunyi di daerah pegunungan yang berada dalam luar kendali langsung pemerintah pakistan.

pasukan amerika menyampaikan, daerah perbatasan itu digunakan grup militan dijadikan web untuk menggarap latihan, penyusunan tinggal kekuatan juga launching serangan pada pasukan koalisi dalam afghanistan.

islamabad mendesak as mengakhiri serangan-serangan pesawat tak berawak, ternyata washington menuntut pakistan mengikuti tindakan mendatangkan agar menumpas jaringan teror.

sentimen anti-as tinggi pada pakistan, dan perang pada militansi yang diselenggarakan as tak populer selama pakistan sebab persepsi bahwa banyak penduduk sipil tewas akibat serangan pesawat tidak berawak yang ditujukan dalam militan dalam sepanjang perbatasan melalui afghanistan dan masyarakat menyimpan bahwa tersebut adalah pelanggaran atas kedaulatan pakistan.

pesawat-pesawat tidak berawak as melancarkan puluhan serangan selama kawasan suku pakistan dari pasukan komando as membunuh pemimpin al qaida osama bin laden pada operasi rahasia dalam kota abbottabad, pakistan, pada 2 mei 2011.

Informasi Lainnya: